Monday, June 12, 2017

Perancangan Sistem Informasi Akuntansi pada TK Cemara

Share it Please

Perkembangan   teknologi   komputer   sangat   mempengaruhi   perubahan  cara   kerja akuntansi   dalam mengolah transaksi menjadi informasi, sistem informasi yang didasarkan pada komputer dikenal dengan istilah Sistem  Informasi  Akuntansi (F. Baramuli., S.S. Pangemanan : 2015). Sistem informasi akuntansi memiliki peranan penting dalam proses bisnis karena sistem informasi akuntansi mengidentifikasi, mengukur, dan mencatat proses bisnis tersebut dalam suatu model yang sedemikian rupa sehingga informasi yang dihasilkan dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. (Diana, Setiawati : 2011). 

Sistem informasi yang berjalan pada TK Cemara masih secara manual sehingga timbul suatu permasalahan dalam hal keefektifan dan efisiensi pengelolaan data menjadi sebuah informasi dalam proses manajemen sekolah. Karena dalam lingkungan pendidikan, pemanfaatan teknologi informasi sangat penting, dan harus dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Penggunaan komputer terutama dalam suatu sistem informasi pembayaran SPP menjadi suatu alat pemecahan masalah yang dapat memberikan manfaat, baik dalam ketelitian, penyampaian informasi, maupun volume pekerjaan yang ditangani. Sehingga dalam penyajian informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh secara akurat, tepat waktu, dan lengkap tanpa harus melalui proses pencatatan secara berulang-ulang atau manual.

Perancangan sistem tersebut sangat dibutuhkan untuk meminimalisir permasalahan yang timbul dan memaksimalkan pekerjaan petugas agar target penyampaian informasi, ketelitian, maupun volume pekerjaan dapat ditangani lebih efisien dan efektif. Melihat permasalahan di atas menjadi motivasi bagi penulis untuk membuat peracangan sistem informasi pembayaran SPP pada TK Cemara.

Berikut ini saya lampirkan slide presentasi mengenai  Analisis Perancangan Sistem Akuntansi yang bisa di unduh disini.
Atau klik gambar dibawah ini:
https://www.dropbox.com/s/gtmaoaj78ha0t9i/kel4.pptx?dl=0

 

No comments:

Post a Comment

About